Penampakan The Punisher Dari Film ke Film

Square

the_amazing_spider-man_vol_1-129_28feb-_197429

Awal Pemunculan
Karakter fiksi karya Gerry Conway yang pertama kali muncul di komik The Amazing Spiderman #129 (Marvel, 1974) ini adalah sosok yang sudah tidak percaya pada hukum. Prinsipnya agak absurd, “senggol, bacok”. Kenapa bisa sesadis ini? Dikisahkan Francis (Frank) Castle yang sedang tamasya secara tidak sengaja menyaksikan pembunuhan yang dilakukan oleh mafia, kepergok lalu dibantailah keluarga Castle ini. Frank yang memiliki latar belakang tempur (diceritakan dengan berbagai detail menurut kemauan penulisnya) membalas dendam dengan menbantai keluarga mafia itu satu persatu dan seringkali secara random. Kelakuannya ini yang bikin dia suka berselisih paham dengan para pembela kebenaran, misalnya Daredevil. The Punisher memang bukan karakter protagonis. Dia lebih mirip orang jahat yg ngebantai orang yang lebih jahat tanpa banyak cingcong.

dolph-lundgren-punisher-movie-marvel-photoPunisher Newbie
Punisher naik ke layar lebar pada tahun 1989, bersamaan dengan dirilisnya film Batman, wah berat juga ya saingannya? Saya sih nonton dua2nya. Punisher diperankan oleh Dolph Kamundgren. Inget orang yg badannya gede dan berkhianat di film The Expendables? Atau Ivan Drago musuhnya Rocky? Nah… itulah Dolph Kamundgren. Dari segi fisik sih keren banget. Tapi cenderung jadi superior dibanding musuh2nya, ya soalnya kegedean sih. Punisher di sini bisa Saya bilang sebagai Punisher versi newbie. Modalnya cuma motor, jaket kulit dan tinggal di gorong2. Yang paling Saya inget adalah adegan dia masuk terus nembakin senapan mesin sambil monyong2. Sayang banget dia gak pake kostum khasnya di situ.

Punisher Pake Strategi
Tahun 2004, Thomas Jane menjadi pemeran The Punisher selanjutnya. Film ini berbeda dengan film Punisher lainnya, karena film ini lebih “bercerita” dan berbelok dari kisah aslinya. Kali ini dikisahkan tentang Howard Saint (John Travolta) yang anaknya terbunuh dalam aksi penyamaran Frank Castle sebagai agen FBI (belum jadi Punisher). Maka Saint dan istrinya menyuruh anak2 buahnya untuk membantai seluruh keluarga Frank. Jadi di film ini, dendamnya lebih personal. Terus terang banyak yang suka Punisher versi ini, tapi Saya sih kurang yah… soalnya banyak banget adegan ngobrolnya. Ditambah lagi ada cewek Damsel in distress yg gak jelas tau2 baperan sama si Frank. Kostumnya cuma kaos berlogo tengkorak yg dibeli anaknya. Terus cara nyiksanya di komik yg pake es krim dimasukin juga ke film ini. Tapi untuk strategi dan kreatifitas pembantaiannya… versi Thomas Jane perlu diacungi jempol.

Punisher Absurd
Punisher : Warzone dirilis tahun 2008. Ini dia Punisher yang bikin Saya melonjak2 kegirangan. Ray Stevenson jadi Punisher yang absurd banget di sini. Betul2 foya2 dan seenak jidatnya… oh iya, bukan foya2 duit yah… foya2 amunisi tepatnya. Saking absurdnya… ada penjahat yg lagi asik parkour nih… dia tembak pake roket! Iya… roket! Maklum, dia dapet persenjataannya tuh dari Micro (Wayne Knight) yg dapetinnya dari pasar gelap. Ya anggaplah para penjahat mati makan pelor orang jahat juga. Di sini Punisher udah jadi Punisher yang kita sekarang. Kostumnya udah canggih. Pembantaiannya makin gak pandang bulu. Di sini Punisher lebih mirip tentara yang haus darah. Membabi buta lantaran dendamnya sudah terbalaskan. Makanya doi jadi inceran polisi, bahkan ada satu divisi khusus yg punya satu ruangan berisi khusus kasus (baca: korban) yang dibikin Frank.

Jadi begitulah penjabaran Saya tentang 3 versi Punisher layar lebar… menyisakan perasaan kurang sreg sama versi Thomas Jane, sampai… pada tahun 2012

JEJENG!

Dayuum… demikianlah kekecewaan Saya sama versi Thomas Jane terbayar tuntas!

499-rng211_50660-h_2016Punisher Gahar
Jon Bernthal muncul sebagai Punisher di serial Netflix, Daredevil (2016). Di sini dia harus berhadapan sama Daredevil dan Kingpin/Wilson Fisk (Vincent D’Onofrio).  Loh… bukannya Daredevil dan Kingpin itu musuhan? Ya kaya ditulis di atas… Punisher ini punya jalan sendiri. Susah akurlah sama orang lantaran cara pandangnya beda. Daredevil yg dibilang sadis aja nganggap dia sadis kok. Plus, doi ini tahan siksaan banget… berani adu fisik kaya banteng. Kostumnya doi cat sendiri di atas rompi anti pelurunya, sebelumnya logo ini muncul secara simbolik dalam bentuk hasil rontgent kepalanya.
Mumpung masih anget… mending lu tonton deh. Apalagi tahun 2017 ini Punisher ini bakal punya serial sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *